Berikan Bantuan Secara Swadaya, Masyarakat Desa Bahung Sibatu Batu Dukung Pembangunan Jalan

30 Oktober 2021

 


Kisaran | Indonesia Berkibar News - Masyarakat Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan merasa bersyukur meskipun masih dalam situasi pandemi Covid - 19 Pemerintah Desa setempat dapat melaksanakan kegiatan pembangunan jalan desa.

Hal itu disampaikan Ramlan salah seorang tokoh masyarakat Desa Bahung Sibatu Batu kepada BeritaNusantaraNews ketika meninjau pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dengan Rabat Beton yang berlangsung di Dusun III Desa tersebut, Sabtu (30/10/2021).

Dikatakan Ramlan, masyarakat Desa Bahung Sibatu Batu khususnya yang berdomilisi di Dusun III sangat mendukung pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan tersebut. Karena selain kondisinya selama ini cukup memprihatinkan, ruas jalan dimaksud juga merupakan salah satu jalan alternatif yang menghubungkan Desa Bahung Sibatu Batu menuju Desa Sei Alim Hasak.


Dukungan tersebut, kata Ramlan lagi, bukan isapan jempol belaka. Tetapi dibuktikan dengan swadaya masyarakat sejak awal pembangunan jalan tersebut di mulai. Sebelum kegiatan rabat beton dilaksanakan, masyarakat terlebih dahulu bergotong royong menimbun badan jalan tersebut yang berlobang dengan membeli beberapa truck batu pitrun secara swadaya.

Kemudian masyarakat secara swadaya juga ikut berpartisipasi menambah bahan dan material agar badan jalan yang dibangun dapat dilebarkan dari semula hanya selebar 4 meter dengan panjang 100 meter menjadi selebar 5 meter dengan panjang 100 meter, ujar Ramlan sembari menjelaskan bahwa nilai swadaya tersebut mencapai sebesar Rp 28 juta lebih.

Sementara Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Junaidi didampingi Kepala Tukang Itnar Permana menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dengan konstruksi rabat beton di Dusun III Desa Bahung Sibatu Batu itu bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dengan pagu dana sebesar Rp 105.683.000 dan volume sepanjang 4 X 100 meter.

Namun karena ada swadaya dari masyarakat sebesar Rp 28 juta lebih, maka volume rabat beton yang dibangun ditambah lebarnya menjadi 5 X 100 meter, ujar Junaidi yang kemudian menjelaskan pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut dilakukan secara swakelola dengan tenaga kerja berasal dari masyarakat setempat.

Secara terpisah Kepala Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap Hasan Basri Sinurat yang dikonfirmasi media ini via handpone membenarkan saat ini pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dengan Rabat beton di Dusun III sedang berlangsung.

Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Dusun III Desa Bahung Sibatu Batu yang cukup antusias dalam mendukung pembangunan jalan tersebut. Karena sejak awal pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Bahung Sibatu Batu dengan Desa Sei Alim Hasak itu dimulai, sudah banyak sumbangsih masyarakat setempat untuk mendukung pembangunan jalan tersebut.

Sejak awal masyarakat telah banyak membantu pembangunan jalan tersebut mulai dari penimbunan badan jalan yang berlobang dengan menggunakan batu pitrun, sampai bantuan bahan dan material untuk menambah lebar rabat beton menjadi 5 meter dengan panjang 100 meter secara swadaya, pungkas Hasan sembari berharap Pemerintah Kabupaten Asahan dapat meneruskan pembangunan jalan ini melalui APBD.(an/irw/wyd)