Bupati Sergai Darma Wijaya Saksikan Arahan Presiden Terkait Penanganan Pandemi Di Akhir Tahun

16 Desember 2021


Sei Rampah | Indonesia Berkibar News -
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti arahan yang disampaikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, secara virtual di ruang kerjanya di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (16/12/2021).

Bupati Sergai menyampaikan, dalam kegiatan ini Presiden mengundang Pangdam, Kapolda, Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia untuk menyampaikan beberapa pesan penting terkait percepatan penanganan pandemi Covid-19 di akhir tahun 2021.

“Yang saya catat tadi, ada setidaknya 3 poin penting yang disampaikan oleh Bapak Presiden jelang pergantian tahun. Yang pertama pengetatan protokol kesehatan, kemudian tracing dan tracking, serta percepatan vaksinasi,” ucap Darma Wijaya.

Dirinya menyebut, Presiden mewanti-wanti varian baru virus Corona, Omicron, yang dikabarkan sudah masuk ke 88 negara, termasuk Indonesia. Presiden, sebut Bupati, menyadari betul bahwa hal ini tidak terelakkan karena sifat varian Omicron yang pola sebarnya lebih cepat.

“Untuk itu presiden meminta seluruh pihak terkait jangan sampai lengah. Tetap perketat penerapan prokes jelang akhir tahun, terutama di tempat-tempat rawan keramaian. Pak Jokowi juga meminta agar tracing dan tracking kontak erat tetap gencar dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Tren belakangan ini menunjukkan perkembangan yang baik, namun jangan sampai terlena. Meskipun begitu, kewaspadaan jangan membuat kita panik. Selama kita solid dan disiplin, risiko yang ada bisa diminimalisir,” ucapnya lagi.

Terkait vaksinasi, Bupati menyebut jika presiden memahami bahwa tantangan di lapangan saat ini lebih berat, karena proses vaksinasi sudah menyasar hingga ke pelosok tanah air. Selain itu, masyarakat juga cenderung mulai enggan divaksin karena ada mindset yang timbul jika pandemi sudah usai. 

Akan tetapi, ini mesti ditanggulangi karena penting bagi masyarakat untuk mendapat vaksinasi segera demi peluang terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Namun Pak Presiden menyebut, di situlah tantangan bagi kepala daerah, bagaimana kita kreatif untuk mengajak masyarakat kita agar mau divaksin. Ini juga sudah diterapkan di Sergai dengan program Gempur Vaksinasi yang saat ini dilaksanakan secara masif di beberapa kecamatan dengan melibatkan seluruh pihak. Semoga target 70% sampai akhir tahun bisa tercapai,” tegas Bupati.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Delianana, S.Sos, M.Si, dan Sekretaris Dinas Kominfo, Mhd. Fadhil Isa, S.STP.(fit)