Hari Ini, Menkumham Yasona H. Laoly Buka Sosialisasi Jamsostek Di Nias

20 Mei 2022




Gunung Sitoli| Indonesia Berkibar News -
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasona Hamonangan Laoly, direncanakan akan  membuka sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) secara virtual hari ini" demikian keterangan diterima Wartawan Media ini, yang disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan DR. Sanco Simanullang ST., MT., IPM., ASEAN Eng

Lebih lanjut disampaikannya, dalam jadwal agenda pembicaraan adalah,  fokus mengenai kegiatan sektor keagamaan, khususnya para Pendeta, Penatua dan Jemaat se-Kepulauan Nias.

Dijelaskan, Sanco direncanakan, akan berada di Gunung Sitoli,  mendampingi Kepala Jamsostek  Cabang Nias Gunung Sitoli Rolan Tobing dan Ketua Panitia yang juga Kepala Jamsostek Cabang Sibolga Kota Boy Tobing, dalam  penyampaian Rilis Berita  diterima Media ini  pada hari, Jumat (20/05/2022).

Sanco lebih lanjut mengatakan, kita mengucap Puji dan syukur kepada  Tuhan, kepastian akan  kehadiran Menkumham  disampaikan oleh Ajudan, pada dini hari, sekirq  pukul 01.30 WIB," katanya.

Padahal diketahui  jadwal Menkumham sangat padat, tiba tiba pukul 09.00 dipanggil  ke Istana. 

Namun acara direncanakan tetap sesuai jadwal yang beredar, hanya saja jadwal Menkumham bergeser ke pukul 11.30 WIB,' katanya.

Diantaranya adalah, diawali dengan registrasi, dimulai pada pukul 09.00 Wib, kegiatan dilanjutkan dengan  Sosialisasi Program, pada pukul 10.00 WIB.

Dengan mensosialisasikan  Implementasi Inpres No 02 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yang  menjadi tujuan kegiatan.

Hal tersebut kita ketahui, dikarenakan para Peserta  Jamsostek sangat  minim dibsini, sehingga  kita lakukan terobosan baru, untuk menarik minat masyarakat" katanya.

"Kita harapkan, dengan menggandeng Tokoh Nasional,  yang juga putera terbaik dl Daerah Nias ini, kiranya berdampak besar kelak," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya  para Kepala Daerah di lima (5) Kabupaten Kota Kepulauan Nias saja yang kita Undang.

Akan tetapi juga para  Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Pimpinan Gereja-gereja besar se-Kepulauan Nias.

Kendati lewat media daring kita memberitahu penyampaiannya, sejumlah Pejabat  telah mengkonfirmasi kepada Tim Panitia, akan  kehadiran mereka. 

Diantaranya adalah, Deputi Direktur Sumbagut Panji Wibisana, Anggota DPRD Tapteng, Anggota DPRD  Sibolga, Anggota DPRD Sidimpuan, Anggota DPRD Palas, para Kepala Daerah dan seluruh staf Jamsostek Sidimpuan, juga telah dikonfurmasi akan hadir.

Ada pun urutan kegiatan yang akan  digelar secara hybrid, yang dilaksanakan berlangsung secara tatap muka, di Aula Kantor Pusat BNKP - Kota Gunung Sitoli dan  sisanya, lewat media daring.

Termasuk Menteri, Direktur BPJS Ketenagakerjaan, Narasumber, Anggota DPRD, para Pimpinan OPD dan ratusan peserta lainya. 

Sementara, di Kantor Jamsostek  Jalan Pattimura  Medan, Presenter Senior TVRI Sumut Setia Pandia, akan  memimpin acara.

Dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan Sanco Simanullang, akan mengawali kegiatan pukul 10.00 WIB.

Sanco akan menjelaskan program dan manfaat ikut Jamsostek.

Setelah Menteri Menkumhan  sampai di tempat,   Lolita br  Pardede akan membawakan Lagu Indonesia Raya, yang  dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Pdt. Saradodo Gulo S.Th. yang walaupun secara  kebetulan sebagai  tuan Rumah,  Ephorus BNKP Pdt DR. Tuhoni Telambanua, MSi saat ini sedang berada di Luar Negeri, dipastikan akan memberi kata sambutan secara daring.

Untuk acara selanjutnya  dengan penyampaian kata sambutan dan penegasan oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin.


Sebelum bimbingan dan arahan disampaikan  Menkumham,  dilakukan  penyerahan santunan kematian, kepada dua (2) Keluarga ahli waris.

"Selepas arahan dari Menkumham, dijadwalkan Menkumham Yasona Laoly, sekaligus akan membuka acara.

Dilanjutkan dengan penyampaian statemen oleh Para Bupati, Wali Kota, secara bergantian," katanya.

Sedangkan Pdt. Firman Sibarani, M.Th (Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI), mensosialisasikan  strategi HKI dalam merekrut pelayan dan Jemaatnya untuk juga  ikut sebagai peserta  Jamsostek.

Lantaran waktu sangat terbatas, Panitia berharap    sesi demi sesi dapat berjalan secara  efektif.

Sebelum acara berakhir,  Rolan Tobing selaku Kepala Cabang Nias, juga akan  membacakan hasil dari kesimpulan" pungkas Sanco. (TS)