Pemkab Batu Bara Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-114

20 Mei 2022


Batu Bara | Indonesia Berkibar News -
Pemkab Batu Bara gelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, yang digelar di Lapangan Bola Kaki Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Jum'at (20/05/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima yang bertindak sebagai pembina upacara serta para OPD Kabupaten Batu Bara.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 mengangkat tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

Tujuan dari penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid- 19.

Dalam pidatonya Wabup Oky mengajak masyarakat untuk menjadikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini sebagai momentum untuk bangkit bersama dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia selama masa pandemi Covid 19.

" Di Hari Kebangkitan Nasional ini mari kita mengenang jasa perjuangan para tokoh bangsa di masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tanpa mereka saat ini kita tidak akan merasakan manisnya kebebasan dan kemerdekaan", ungkap Wabup Oky.

Pemkab Batu Bara terus berupaya meningkatkan semangat seluruh elemen masyarakat dalam memajukan pembangunan Kabupaten Batu Bara yang sejalan dengan misi Bupati Zahir, sehingga masyarakat yang produktif dan berbudaya dapat terwujud.(torong)