Ketua DPD APEDI Sumut Ruslan Berdayakan Lahan Kosong Dalam Upaya Sejahterakan Anggota

23 Mei 2022

 


Deli Serdang | Indonesia Berkibar News - Ketua Dewan Pimpinan Daerah  Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia Sumatera Utara (DPD APEDI Sumut) memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong yang masih banyak dijumpai di Kabupaten Deli Serdang,  dengan  melakukan penanaman ubi kayu.

"Program pemanfaatan lahan kosong atau lahan tidur ini kita lakukan dengan menanam ubi kayu, dalam upaya kita  memberdayakan Anggota APEDI Sumut, untuk dapat  meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan warga" ucap Ketua DPD APEDI Sumut H Ruslan SH kepada wartawan ini, Senin  (23/05/2022). 

Lebih lanjut Ruslan mebgatakan “Program awal ini kita mulai dari Daerah Deli Serdang, karena masih  banyak kita jumpai lahan tidur di Kabupaten Deli Serdang  ini" ungkap Ketua Umum PB Pendawa Sumut.

 Mudah-mudahan program ini bisa terus berlanjut dan menjadi proyek percontohan untuk diterapkan di Derah-daerah lainnya.

Sehingga masyarakat mendapatkan dampaknya yang positif.  Yaitu, selain dampak mendapatkab udara yang asri dan segar, juga dapat  menjadikan  paru-paru dunia.  

Termasuk juga bermmanfaat bagi Anggota APEDI Sumut yang mengerjakannya, sehingga dapat penghasilan dan hidup sejahtera, termasuk juga dapat membantu Pemerintah, untuk memanilisir tingkat pengangguran dan kejahatan di Sumatera Utara” ucap  Ruslan.

Ditambahkannya, ke depan program yang akan kita upayakan, tidak hanya melakukan penanaman ubi saja, tapi juga kita akan upayakan melakukan usaha komoditas-komoditas lainnya, yang memiliki nilai jual tinggi dan gampang untuk dibudidayakan. 

Seperti usaha  peternakan, perikanan; pertanian muda dan komoditas lainnya.

“Jadi, melalui program ini, kita berupaya untuk melahirkan Pengusaha-pengusaha Desa, terutama di Bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan,” ujar Ketua DPD FKBNI Sumut.

Untuk mewujudkan upaya tersebut, DPD APEDI Sumut akan merangkul semua Pengusaha Desa, Ormas pihak Swasta dan Instansi terkait ataupun BUMN,  untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dalam meningkatkan Perekonomian Desa,” pungkas H Ruslan yang juga merupakan Ketua DPD Dewisnu Sumut ini. (TS)