Pemkab Sergai Launching Inovasi Kepiting 3 M

20 Mei 2022


Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - 
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, me-launching Inovasi “Kepiting 3 M” dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Sergai di Lapangan Apel, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (20/05/2022).

Membacakan sambutan tertulis Bupati Sergai, Sekdakab mengatakan jika Presiden RI Joko Widodo pernah mengeluhkan kelalaian sebagai Bangsa Maritim. Meskipun begitu, kebijakan pembangunan bangsa masih terkesan “memunggungi lautan”.

“ Kelalaian ini tentu tidak bisa terus menerus dibiarkan. Maka pemerintah perlahan-lahan mengubah haluan tersebut dengan menjadikan lautan sebagai sumber pangan dambaan masa depan, melalui berbagai program “ekonomi biru” yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Guna memaksimalkan potensi dua pertiga wilayah Indonesia yang merupakan perairan, sebutnya, perlu inovasi yang melibatkan banyak pihak. Salah satu pihak tersebut, kata Faisal, adalah pemerintah daerah yang memiliki wilayah perairan/ pantai maupun alur laut dan Sergai termasuk salah satunya, dengan panjang garis pantai sekitar 55 kilometer dan terbagi ke dalam lima kecamatan.

“Potensi ekonomi wilayah pesisir tentu tidak hanya berbasis lautan. Terlebih pembagian otonomi terbaru, lautan menjadi wilayah kuasa pemerintah provinsi. Artinya, Pemkab Sergai bertanggung jawab mengelola potensi ekonomi mulai dari titik surut pasang air laut dan mengembangkan potensi budidaya perikanan darat, termasuk pengembangan sumber daya manusia masyarakat pesisir dan para pembudidaya,” jelasnya.

Tanggung jawab tersebut di atas, membuat pimpinan daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat, sangat mendukung pola-pola pemberdayaan masyarakat pesisir dan potensi ekonomi bidang perikanan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Diskanla Kabupaten Sergai.

“Saya tidak ingin kita menjadi bagian dari orang-orang yang memunggungi lautan sebagaimana pernah dikeluhkan oleh Bapak Presiden yang kita cintai,” ucapnya lagi.

Dikatakan oleh Faisal Hasrimy, inovasi dari Diskanla Sergai bertajuk “Kepiting 3 M” merupakan upaya nyata perwujudan visi Sapta Dambaan, terutama pada poin ekonomi berdaya saing.

Ia menjelaskan Kepiting 3 M ini adalah singkatan dari “Kendaraan Pelayanan Perikanan Terpadu Keliling, Mempromosikan, Menjemput, dan Mengantarkan”.

“Saya berharap tercipta efisiensi anggaran distribusi bantuan dikarenakan bantuan dapat dihantarkan oleh kendaraan pelayanan perikanan keliling,” tandasnya.

Pada kesempatan ini Kepala Diskanla Sergai Dr. Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes melaporkan kalau kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala BKN Bima H. Wibisana yang menyebut dinamika yang ada di birokrasi saat ini menuntut para ASN untuk mampu lebih adaptif dan inovatif.

Sesuai dengan nama inovasi “Kepiting 3 M”, Klaudia mengatakan kata “mempromosikan, menjemput, dan menghantarkan” merupakan tiga kata kerja yang mewakili keseluruhan kinerja dan pengabdian DKP, kepada masyarakat.

Dirinya melanjutkan, pelaksana operasioanl Mobil 3 M merupakan seluruh anggota bidang kerja Diskanla Sergai.

“Mobil ini akan berkeliling di Kabupaten Sergai dan lokasi luar daerah, tergantung pada undangan keikutsertaan pada event sehubungan promosi perikanan dan perairan. Apabila kegiatan inovasi kami nantinya bisa bernilai guna mewujudkan Sergai yang Maju Terus. Kami mohonkan dukungan penuh dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati sehingga fisik kendaraan dan mutu layanan bisa ditingkatkan,” lapornya.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya juga menyempatkan hadir menyaksikan acara launching inovasi ini meski hanya diakhir acara. Hal ini karena sebelum giat ini berlangsung, Bupati masih menghadiri agenda acara yang lainnya. Hadir pula Asisten Ekbang Drs. Nasrul Aziz Siregar dan Asiten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM dan jajaran ASN Pemkab Sergai. (mcs/fit)