Roberth Ginting AP. MSI Ketua DPD Merga Silima Kabupaten Dairi 2022-2027

15 Mei 2022

 


Sidikalang | Indonesia Berkibar News - Ketua Umum DPP PMS Mbelin Brahmana Minggu (15/05/2022) secara sah melantik Roberth Ginting,AP,MSI sebagai ketua DPD Merga Silima (PMS) Kabupaten Dairi untuk masa periode 2022-2027 di Gedung Olah Raga Sidikalang Kabupaten Dairi.

Kegiatan itu juga dihadiri Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, wakil Bupati Dairi Jimmi Lukita Sihombing ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani,S.Sos, Ketua DPP PMS se Indonesia Kiki Handoko, ketua DPP.Himpunan Masyarakat Pakpak HIMPAK Citra Capah, anggota AMPI Sumut, serta ratusan anggota DPC PMS Dari 15 Kecamatan di Kabupaten Dairi.

Ketua Umum DPP PMS,Mbelin Brahmana dalam amanatnya kepada ketua DPD Dairi beserta anggotanya mengatakan agar menjaga sopan santun tata krama seperti adat budaya Karo agar jangan tergerus jaman.

Karena menurutnya, sesuai dengan perkembangan jaman banyak generasi muda Karo sudah banyak yang melupakan adat budaya tradisi etnis Karo “ untuk itu kalian Pemuda Merga Silima harus mengetahui adat budaya Karo” ujarnya.

Selain itu Mbelin Brahmana juga mengatakan PMS Dairi menjalin mitra dengan pemerintah dan sebagai garda terdepan untuk menjaga kerukunan antar etnis dan menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu ketua DPD PMS Kabupaten Dairi, Roberth Ginting,AP,MSI dalam kesempatan tersebut dalam kata kata sambutannya akan memegang teguh perintah ketua DPP PMS dalam menjalankan organisasi.

Dia juga mengatakan pemuda etnis Karo paling supel dalam bergaul ke semua etnis yang ada karena menurutnya Pemuda Karo tergabung dalam Merga Silima kebanyakan tidak mau mengganggu dan tidak mau terganggu.

Dalam bahasa Pemuda yang kental Roberth Ginting menegaskan walaupun PMS utamanya adalah untuk menjaga kelestarian budaya Karo, jika pihak Pemerintah ingin berteman, dekatilah ketua DPP PMS Mbelin Brahmana “ kami anggota PMS akan tetap tunduk dengan perintah Ketua Umum DPP” ujarnya sehingga mendapat tepukan riuh dari anggota PMS dan undangan lain yg hadir.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut menyambut baik kehadiran DPD PMS Dairi. Dia berharap Roberth Ginting selaku ketua DPD PMS Dairi dapat menjalankan organisasinya secara baik.

Pemantauan SPI langsung dari lokasi acara pelantikan, setelah pembacaan SK dan pemberian bendera petaka dari Ketua Umum DPP PMS Mbelin Brahmana secara Langsung menyelipkan pisau tumbuk lada (pisau adat Karo-red) kepinggang Ketua DPD Dairi Roberth Ginting.

Sesuai adat Karo belati yang diberi bukan untuk angggar jago melukai orang namun untuk menjaga pertendin ( jaga badan ) ujarnya kepada Roberth Ginting.

Adapun susunan kepengurusan DPD PMS Dairi periode 2022 – 2027, ketua Roberth Henra Ginting, Sekretaris Jaini Edi Tarigan dan Ketua Harian Javeth Pinem (SmartDos.1/torong)