Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi BIAN Tahun 2022, Kahiyang Ayu berharap Semua Anak di Imunisasi

10 Juni 2022

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution mendukung penuh pelaksanaan Vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Diharapkan pelaksanaan Vaksinasi BIAN ini dapat memenuhi target semua anak untuk menerima imunisasi MR guna pencegahan Campak-Rubella.


"Saya atas nama PKK Kota Medan mendukung penuh pelaksanaan Vaksinasi BIAN tahun 2022. Kita harapkan pelaksanaan ini dapat mencapai target sehingga anak- anak kita terhindar dari berbagai penyakit seperti Campak- Rubella dan kedepannya menjadi generasi yang sehat dan cerdas," Kata Ketua TP PKK Kota Medan ketika meninjau pelaksanaan Vaksinasi BIAN tahun 2022 di Aula Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, Jumat(10/06/2022).


Kehadiran Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution membuat orang tua dan anak-anak yang akan mendapatkan vaksinasi BIAN menjadi antusias. Dengan penuh kehangatan Ny Kahiyang Ayu menyapa anak-anak yang hendak di vaksin.  Selain itu Istri Wali Kota Medan Bobby Nasution ini juga memberikan bingkisan berupa makanan tambahan dan juga paket mainan anak.

Menurut Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, kehadirannya untuk memberikan motivasi kepada ibu- ibu agar dapat berpartisipasi aktif dan memastikan anaknya sudah mendapatkan imunisasi, khususnya ibu-ibu yang memiliki anak usia 9 sampai 59 bulan. "Bagi orang tua yang anaknya belum di vaksinasi imunisasi dapat membawa anaknya ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan imunisasi," Ujar Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan dalam membacakan sambutan Bobby Nasution mengatakan bahwa BIAN adalah upaya kita untuk menutup kesenjangan imunitas kesehatan anak di masyarakat. Sebagaimana diketahui pemberian imunisasi terbukti mampu melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya terutama penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

"Untuk dapat memberikan imunisasi lengkap kepada anak tentu saja dibutuhkan dukungan kita semua terutama orang tua. Artinya partisipasi aktif dan memastikan anaknya sudah mendapatkan imunisasi BIAN baik tahun ini maupun tahun sebelumnya sangat dibutuhkan agar target yang ditentukan dapat tercapai," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan.

Muhammad Sofyan berharap agar mencapai target vaksinasi BIAN, para Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan agar dapat mengaktifkan potensi yang ada di wilayah dan salin berkoordinasi agar pelaksanaan BIAN ini berjalan optimal dan mencapai target yang tinggi. Selain itu Dinas Pendidikan juga diminta memastikan seluruh pelajar PAUD, SD dan SMP sudah mendapatkan vaksinasi Campak-Rubella.

"Agar pelaksanaan Vaksinasi BIAN tahun 2022 ini sukses saya meminta kepada seluruh Camat agar dapat berkoordinasi dengan Puskesmas yang ada diwilayahnya. Sampaikan kepada masyarakat agar dapat membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi BIAN," Sebut Sofyan.

Sementara itu Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah dalam laporannya mengungkapkan bahwa pemberian imunisasi terbukti mampu melindungi anak-anak dari berbagai penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan produktif. Pada vaksinasi BIAN ini  pemberian imunisasi dilakukan secara terintegrasi yang meliputi Pemberian satu dosis imunisasi tambahan Campak-Rubella secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Selain itu memberikan satu atau lebih imunisasi guna melengkapi status imunisasi Anak usia 12 bulan sampai 59 Bulan.

"Tujuan Vaksinasi BIAN ini  menghentikan virus Campak-Rubella. Selain itu mempertahankan Indonesia bebas polio  dan Mewujudkan eradikasi polio global pada tahun 2026 serta mengendalikan penyakit Defteri dan Pertusis," Jelasnya.

Kadis Kesehatan menambahkan pemberian Vaksinasi BIAN ini dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun posyandu serta sekolah. Seluruh anak yang telah di berikan imunisasi nantinya akan dicatatkan ke dalam aplikasi sehat Indonesiaku (Asik) yang terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi.

"Dari target 95 persen, saat ini kota Medan baru mencapai target 21 persen. Oleh karenanya seluruh Puskesmas yang ada di Medan siap memberikan vaksinasi BIAN, masyarakat dapat datang ke puskesmas terdekat agar capaian target kita tercapai," Sebut Kadis Kesehatan.

Kegiatan Vaksinasi BIAN tahun 2022 ini juga dihadiri Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat, Danyon Marhanlan 1 Belawan, Mayor Marinir Indra Fauzi Umar, Perwakilan Pelindo I, Segenap Pimpinan OPD dan seluruh Camat se - Kota Medan.(bundo)