Sumbang Hewan Qurban, Yayasan Pendidikan Nasional 'SANGKARA' Sampaikan Pesan Toleransi

10 Juli 2022




MEDAN - Penyembelihan hewan kurban menjadi bagian tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha. Qurban menjadi salah satu anjuran bagi umat Islam yang mampu menunaikannya.

Tindakan berqurban bukan hanya sebuah rutinitas kegiatan sosial semata, namun lebih dari itu, adalah penghayatan terhadap nilai-nilai ritual yang mendalam.

Oleh karena itu, menyambut Perayaan Idul Adha dan untuk mewujudkan kebersamaan hidup berdampingan serta toleransi dalam keberagaman, Yayasan Pendidikan Nasional 'SANGKARA' menyumbangkan hewan qurban berupa 1 ekor kambing ke Masjid Nurul Qalam Jalan Setia Budi/Abadi, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Sabtu (9/7/2022).

Penyerahan hewan qurban yang diwakili anggota DPRD Medan M Afri Rizki Lubis langsung diterima panitia qurban Masjid Qalam.

“Bagi kami, nilai hewan bukan menjadi ukuran, namun makna saling berbagi adalah wujud hidup orang bersaudara. Penyerahan hewan qurban ini merupakan rutinitas kegiatan sosial semata yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Nasional Sangkara. Semoga hewan qurban yang kami berikan dapat menjadi darah daging buat masyarakat di sini,” ucap politisi muda dari Fraksi Golkar ini.

“Bantuan bisa datang dari siapa saja dan itu karena ada gerakan dari Allah SWT. Kita yakin semua perintah dari Allah dan bisa melalui tangan siapa saja,” tambahnya.

Sementara, pihak Yayasan Pendidikan Nasional 'SANGKARA, S Siwaji Raja ST MSi mengatakan, penyerahan hewan qurban merupakan bagian dari proses menjalankan pendidikan perdamaian dan bantuan keagamaan, yang merupakan bagian dari interaksi antar umat beragama, khususnya di Kota Medan, yang dikenal dengan masyarakatnya yang plural.

“Puji Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga hewan qurban yang kami serahkan dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama yang tetap terpelihara baik selama ini, khususnya di Kota Medan, dan Sumatera Utara pada umumnya.”

“Kami juga meminta doa kepada masyarakat di sini, semoga Yayasan Pendidikan Nasional 'SANGKARA' dapat terus maju berkembang. Dan semoga Yayasan 'SANGKARA' dapat melahirkan anak-anak berprestasi, yang berbakti bagi nusa dan bangsa,” harapnya. (rel)