BPJS Kantor Cabang SibolgaTeken MoU, Sasar 50.000 Warga HKBP Distrik IX STN Jadi Peserta

6 Agustus 2022


Padang Sidimpuan| Indonesia Berkibar News -
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Kantor Cabang Sibolga melakukan penandatanganan kerjasama Memorandum of understanding (MoU) dengan 

Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik IX Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias (STN) bertempat di Kantor Distrik, Jumat (05/08/2022).

Disaksikan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan DR Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng yang membawahi 12 Kabupaten/ Kota (Tabagsel, Tabagteng dan Nias), penandatanganan dilakukan Praeses Pdt. Donda Simanjuntak, STh dengan Kepala Kantor Cabang Sibolga Boy Citra Lumban Tobing. Demikian  keterangan tertulis melalui WhatsApp diterima, Sabtu (06/08/2022).

 Penandatanganan tersebut dimaksudkan, untuk memberikan perlindungan sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh Parhaladao (Pelayan) Gereja dan Jemaat.

Menurut Praeses Pdt Donda mengatakan, sebelumnya sudah lama adanya wacana HKBP Distrik IX menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, namun masih parsial (sebagian saja yang mendaftar).

"Sejumlah Parhalado di Resort Immanuel, Resort Sipea-Pea, dan Ressort Poriaha Julu telah jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," jelas Pendeta Donda.

Lantas, pihaknya bertekad mengoptimalkan seluruh Resort di Distrik IX, termasuk Jemaat.

Lantaran manfaat Jamsostek, sebut dia, sangat membantu Jemaat dan pelayan.

Praeses Donda  mengaku tertarik terhadap Paket Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dibandrol dengan iuran minimal Rp 16.800 per bulan, per orang, sudah dapat memberikan jaminan berupa santunan kematian Rp 42 juta rupiah dan beasiswa anak sampai dengan 174 juta rupiah.

Kedepan, lanjut Dia, pihaknya  berkomitmen untuk menyasar  seluruh Full Timer (Pelayan penuh waktu) dan Parhalado (Penatua) dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan pada gilirannya dilanjutkan kepada seluruh Jemaat.

Namun untuk mengoptimalkan hingga arah Jemaat,  akan di proses di masing-masing Resort dengan petugas yang ditunjuk dari Distrik, dibangun sistem pendaftaran desentralisasi, per Ressort. Dengan jumlah Jemaat lebih dari 50.OOO Kepala Keluarga (KK).

Kita harapkan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan jalan Tuhan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh Parhalado dan Jemaat," katanya.

Sementara Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidimpuan DR Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng, didampingi Kepala Cabang Sibolga Boy Citra Lumban Tobing menjelaskan, HKBP merupakan pelopor dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi sektor keagamaan, khususnya Umat Kristiani 

"Sejak dari tahun 2007 sewaktu BPJS Ketenagakerjaan masih BUMN, bernama JAMSOSTEK, sudah di mulai kepada tenaga pendidik di Sekolah Tinggi Bibelvrouw," katanya.

Kemudian, lanjut dia, diikuti Sektor Keagamaan lainnya.

"Namun selama ini masih parsial lingkup Pendeta, belum tersasar hingga sampai ke Jemaat," sambung Sanco.

Sanco berharap  kerjasama ini secara  utuh, menjadi pilot project untuk diteruskan di Distrik lain.

"Luar biasa Distrik IX, semoga dapat menjadi percontohan. Kami siap memberikan pelayanan terbaik dan siap mensosialisasikan ke masing-masing resort," pungkas  Sanco Simanullang. (TS)