Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Menerima Audensi Pemerintah Provinsi Aceh

24 Agustus 2022


Jakarta | Indonesia Berkibar News -
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menerima audiensi dari Pemerintah Provinsi Aceh di Ruang Rapat Menteri, Jakarta pada Rabu (24/08/2022). Bahasan pertemuan kali ini terkait program Reforma Agraria, secara khusus redistribusi tanah dalam rangka penyediaan tanah bagi mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), tahanan politik/narapidana politik (Tapol/Napol), dan korban konflik sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki.

Menteri ATR/Kepala BPN mengutarakan harapannya agar dapat membangun Provinsi Aceh menjadi provinsi yang lebih makmur, karena menurutnya potensi sumber daya alam di Aceh luar biasa. Namun, untuk membangun Aceh terdapat beberapa hambatan yang harus diselesaikan bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

Oleh sebab itu, menurut Hadi Tjahjanto pemerintah pusat dan daerah terus berjalan beriringan untuk melancarkan koordinasi dalam membangun Aceh. Salah satu upaya yang telah dilakukan di pemerintahan pusat ialah koordinasi Menteri ATR/Kepala BPN dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk percepatan pelepasan kawasan hutan yang diperuntukkan bagi 3.000 jiwa seluas 6.000 hektare sebagai tindak lanjut MoU Helsinki.

Koordinasi juga dibutuhkan dalam rangka percepatan Reforma Agraria di Aceh. Dengan berjalannya komunikasi yang baik, Menteri ATR/Kepala BPN berharap bisa mencarikan solusi agar ekonomi Aceh dapat maju sehingga kemakmuran masyarakat bisa tercipta.

Turut hadir, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni; Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Suyus Windayana; Direktur Jenderal Penataan Agraria, Andi Tenrisau; Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik, Andi Saiful Haq; Juru Bicara Kementerian ATR/BPN, T. Hari Prihatono; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Aceh, Mazwar. Selain itu, hadir pula Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki; Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DRPA), Saiful Bahri bersama dengan beberapa anggota DPRA. (KementerianATRBPN/amir torong)