KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS)KECAMATAN TAMPAHAN KABUPATEN TOBA TERIMA BANTUAN FASILITAS HOMESTAY DARI PT INALUM (PERSERO)

24 Januari 2023

 


Toba | Indonesia Berkibar News -PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM memberikan banyak kontribusi nyata turut serta mendukung pengembangan wisata Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba melalui program CSR/TJSL dengan memberikan bantuan fasilitas homestay mencakup spring bed dan bantal, sprei dan selimut, lemari, kain gorden, teko listrik, handuk dan peralatan mandi. Bantuan fasilitas homestay ini diberikan kepada warga masyarakat pemilik 6 homestay di Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba.Bantuan diserahkan langsung oleh Vice President CSR/TJSL Inalum Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi di salah satu Homestay Pokdarwis Martabe Desa Meat pada, Selasa (24/01/2023).

Untuk diketahui bahwa Desa wisata Meat terletak dipinggiran Danau Toba dan diapit oleh pegunungan yang hijau. Desa wisata Meat menyuguhkan pemandangan alam yang asri, Danau Toba, persawahan, budaya, kerajinan tenun ulos. Desa Meat juga menyediakan homestay penginapan bagi para tamu.

Dalam acara serah terima pemberian bantuan fasilitas Homestay tersebut turut hadir  Bupati Toba Poltak Sitorus, Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau Kemenparekraf RI, Agus dan Andi Marpaung. Kemudian hadir juga Kepala Desa Meat, Janri M. Simanjuntak, warga Pokdarwis pemilik Homestay,  Asisten Perekonomian Jonni D.P. Lubis, Sekdis Kebudayaan dan Pariwisata Ganyang Situmorang, Kabag Perekonomian Jefry Nainggolan, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Tulus Hutabarat, Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora, dan lainnya.

Vice President CSR/TJSL PT. Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar Silalahi dalam kesempatan itu mengatakan perihal rencana pemberian bantuan ini sudah di diskusikan dan dirancang bersama pihak Kemenparekraf RI sejak bulan Maret tahun lalu. Bantuan fasilitas yang diberikan kepada pengelola homestay ini diharapkan dapat mendukung penyambutan bagi para wisatawan pada kegiatan F1H2O dan kegiatan lainnya. "Suatu kebanggaan bagi Kami selaku BUMN bisa membantu pengembangan daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dalam hal ini Desa wisata sekitar Danau Toba. Kami juga berharap di event F1H2O ini tidak hanya pariwisata Danau Toba saja yang dikenal tetapi juga termasuk kuliner-kuliner dan produk UMKM serta budaya batak yang semakin dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Saya titip kepada Pokdarwis kiranya fasilitas-fasilitas yang diberikan ini dapat di jaga dan dirawat dengan baik", sebut Zainudin penuh harap.

Dapat dilaporkan, sebelumnya pada Bulan Desember 2022 yang lalu, melalui program sinergi 9 BUMN di 10 Desa wisata Danau Toba melalui program Kementerian BUMN, Inalum ditunjuk sebagai leader untuk program sinergi 9 BUMN ini. Inalum memilih Desa Meat sebagai desa wisata dan memberikan bantuan berupa seragam sanggar tari dan ampiteater. 

Sementara itu utusan Kemenparekraf RI, Agus didampingi Andi Marpaung pada acara pemberian bantuan PT. Inalum (Persero) berupa  Fasilitas Homestay kepada Pokdarwis Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba menyampaikan bahwa pengembangan pariwisata merupakan komitmen dari Kemenparekraf dalam meningkatkan pariwisata setempat. "Kepada PT. Inalum (Persero) Kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya. Dengan kegiatan F1H2O semoga membawa dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat kawasan Danau Toba,” ucap Agus.

Bupati Toba Poltak Sitorus dalam arahan dan bimbingannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan terima kasih kepada PT. Inalum (Persero) yang sudah berbuat banyak melalui program CSR/TJSL kepada Kami Pemerintah Kabupaten Toba. Bupati Poltak pun berharap PT. Inalum (Persero)sebagai BUMN terus aktif melakukan pembinaan kepada UMKM dan pelaku ekonomi kreatif lokal hingga menjadi mandiri. 

Kepala Desa Meat Janri M. Simanjuntak selaku mewakili warga Pokdarwis yang menerima bantuan, menyampaikan ucapan terima kasih banyak atas perhatian Pemkab Toba dan bantuan yang diberikan oleh PT. Inalum (Persero) dan diterima warga pelaku wisata homestay di Desa Meat. "Mari kita hargai dan dukung program pemerintah untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan memajukan pariwisata Danau Toba", pinta Junri mengakhiri sambutannya. (IPS)