Bupati Dairi : Data Komoditi Sangat Penting, Maka Harus Memiliki Data Dan BPS Menjadi Lembaga Acuan Kita Semua

16 Februari 2023


Dairi | Indonesia Berkibar News -
 Sesuai perintah presiden kita harus memiliki satu data, data adalah satu komoditi yang sangat penting saat ini, maka kita harus memiliki keakuratan data, dan BPS ditunjuk menjadi lembaga untuk acuan kita semua.

Demikian Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi di Aula SMK Negeri 1 Sidikalang Kabupaten Dairi, Kamis (16/02/2023).

FGD ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), organisasi vertikal, Makan Menag Kab Dairi diwakili H. Mahdi Kuda diri, BUMN-BUMD, Kepala Badan BPS Kab Dairi Dra Minda Flora Ginting dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat se Kab. Dairi.

FGD ini dilaksanakan untuk memastikan apakah data yang diminta bisa disediakan sebelum finalisasi Kabupaten Dairi Dalam Angka 2023 dipublis 28 Februari 2023 mendatang. Sekaligus memastikan data sudah benar, wajar, dan konsisten. Memastikan nomenklatur instansi sebagai sumber data sudah benar.

“FGD ini dapat membantu meningkatkan kualitas data yang disajikan dalam publikasi Kabupaten Dairi Dalam Angka 2023,” kata Eddy Berutu.

Menurut Eddy, publikasi Kabupaten Dairi dalam angka merupakan publikasi yang terbit rutin setiap tahun.

“Publikasi ini merupakan publikasi BPS Kabupaten Dairi yang memuat data statistik dasar dan data statistik sektoral,” katanya.

Eddy menyampaikan bawah data adalah komoditi yang sangat penting dan menjadi acuan untuk menentukan arah pembagunan.

“Sesuai perintah presiden kita harus memiliki satu data, data adalah satu komoditi yang sangat penting saat ini, maka kita harus memiliki keakuratan data, dan BPS ditunjuk menjadi lembaga untuk acuan kita semua”, ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Dairi selama ini mendukung penuh kerja – kerja BPS dalam melakukan pendataan.

“Komitmen pertama kita adalah pimpinan dinas termasuk kecamatan dan desa harus mendukung segala proses yang dibutuhkan oleh BPS sehingga data tepat waktu, akurasi, dan mengikuti proses”, jelas Eddy.

Bupati menyebut hasil yang diraih secara umum dari tiga faktor pengukur semua menunjukan hasil yang baik.

“Kita bersyukur secara umum usaha kita on track, upaya yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat untuk mendorong kesejahteraan di lingkungan Kabupaten Dairi sejauh ini on track, satu itu adalah dari segi kesehatan, yang kedua dari segi pendidikan dan terakhir dari sisi ekonomi. Jadi ketiga faktor pengukur ini tracknya semua membaik”, Ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bandan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi Mida Flora Ginting memaparkan hasil capaian kerja dan sistem kerja dalam melakukan pendataan.

Mida mengucapkan terima kasih kepada instansi pemerintah maupun lembaga pemerintah atas kerja samanya dalam membantu kerja – kerja BPS saat melakukan pendataan.

Selain itu diakhir acara BPS juga memberikan apresiasi terhadap instansi pemerintah yang dinilai sebagai produsen data terbaik baik, dimana dinas pertanian keluar sebagai produsen data terbaik. (Mrs)