Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba - 2023

8 Maret 2023


Langkat | Indonesia Berkibar News
- Polres Langkat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba - 2023, Rabu (08/03/2023), pukul 08.30 WIB,di Lapangan Jananuraga Polres Langkat.

Hadir dalam kegiatan apel tersebut Kajari Langkat Mei Abeto Harahap,SH.,M.H,Kepala BNN Kab. Langkat AKBP Saharudin Bangko, SH, M.B.A,Mewakili Dandim 0203 / Langkat Kapt. Inf. Imran Batubara, mewakili Danyonif 8 Marinir Harimau Putih Letkol Mar Agus Wahyudi, Danton Marinir 8 Marinir Harimau Putih Letda Mar Satriyo wibowo,Danyon A Sat Brimob Polda Sumut AKBP Junaidy, S.H,Kadis Perhubungan Kab. Langkat Drs. Mulyono, M.Si, Kasat Pol PP Kab. Langkat Dameka Putra Singaribun S.STP, Ketua MUI Kab. Langkat H Zulkifli Ahmad Dian, LC, MA,mewakili Ketua FKUB Kab. Langkat,Ketua PWI Kab. Langkat Darwis Sinulingga,PJU Polres Langkat.

Sebagai Komandan upacara Ipda N. Ginting dan sebagai Inspektur Upacara Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK, SH, MH didampingi Plt. Bupati Langkat dan diikuti  Personil Marinir Harimau Putih,Personil Kodim 0203 / LKT,Personil Sat Brimob A Poldasu,Personil Polres Langkat,Personil Dishub Kab. Langkat, Personil Sat Pol PP Kab. Langkat.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur Upacara sampaikan Amanat   Puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan Rahmat dan karunia-Nya, karena pada hari ini kita semua dapat hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba – 2023 dalam suasana yang penuh kebersamaan serta tetap mematuhi protokol kesehatan

Selanjutnya pelaksanaan apel gelar pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Poldasu dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Keselamatan Toba-2023 sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik sehingga masyarakat Sumut dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga angka pelanggaran maupun laka lantas dapat menurun dan mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah Sumut

"Adapun sasaran operasi Keselamatan Toba 2023 yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas khususnya menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1444 H," paparnya.

 Operasi Keselamatan Toba 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 08 Maret hingga 21 Maret 2023 dengan target operasi yakni masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta kegiatan masyarakat dalam  berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,harapnya

Sedangkan  pada operasi ini, Polda Sumut melibatkan 1.978 personil yang terdiri dari Satgas Poldasu 150 personil dan Satgas Kewilayahan 1.828 personil

"Operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventifnya dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri, khususnya Polisi Lalu lintas guna terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah Prov. Sumut," tegasnya.

Selanjutnya  indikator keberhasilan pada pelaksanaan operasi Keselamta Toba 2023 antara lain a). Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,b). Menurunnya angka laka lantas,c). Menurunnya tingkat fasilitas pada kecelakaan lalu lintas

Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain yaitu a). Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan,b). Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos,c). Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas,d). Lakukan penegakan hukum lalu lintas dan teguran secara humanis dengan menggunakan Etle Mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada seluruh personil Poldasu dan jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan operasi Keselamatan Toba 2023 semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan," harapnya.

Kegiatan apel Gelar Pasukan selesai pukul  09.25 WIB, dilanjutkan Pemeriksaan kendaraan Dinas Polri dan foto bersama di Lapangan Jananuraga Polres Langkat, situasi aman dan terkendali.(syaf)