Rakor Forkofinca Kecamatan Stabat Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H Tahun 2023

20 Maret 2023


Langkat | Indonesia Berkibar News
- Rakor (Rapat Kordinasi) Forkofinca Stabat menjelang Bulan Suci Ramadhan  1444 H Thn 2023 M, untuk memelihara kerukunan hidup antar Umat beragama di Kecamatan Stabat pada Bulan Suci Ramadhan 1444H/ 2023 M, Senin (20/03/2023) pukul 14.00 WIB, di Aula Kantor Camat Stabat.

Rapat  di pimpin oleh Camat Stabat Bapak Nuriadi S.Sos bertempat di Aula Kantor Camat Stabat.

Dalam giat tersebut dihadiri oleh : Danramil 07 Stabat diwakili oleh Babinsa, Kapolsek Stabat AKP Ferry.A, Kanit Binmas Polsek Stabat Aiptu T.P Pasaribu, Seluruh Kepala Desa/ Lurah Se Kecamatan Stabat, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat Kecamatan Stabat, Ketua MUI Kec. Stabat.

Dikesempatan tersebut Kapolsek Stabat menyampaikan  Surat Bupati Langkat Nomor : 451.13- 675/Kesra/ 2023 tanggal 02 Maret 2023 tentang himbauan Bulan Suci Ramadhan 1444 H Thn 2023 M.

Surat Telegram No: ST/62/III/OPS.4.2./2023 Tgl 13 Maret 2023 tentang Himbauan Menjaga Situasi Kamtibmas dalam Pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan.

Membuat brosur himbuan di Rumah makan, Restoran,Cafe, kantin untuk tidak menjalankan aktivitas selama bulan suci Ramadhan pada siang hari secara terbuka,Mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa/lurah untuk membuat surat  himbauan kepada pedagang  / penjual untuk tidak menjual mercon pada  saat bulan suci Ramadhan yang bisa mengganggu warga pada saat pelaksanaan ibadah dibulan suci ramadhan khususnya pelaksaaan puasa dan sholat berjamaah ( Tawarih ).

Diharapkan kepada seluruh Desa  / Kelurahan agar membuat Spanduk dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan Thn 1444 H 2023 M yang intinya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan bulan suci Ramadhan.Menyampaikan kepada Forkofinca  dan Organisasi Kepemudaan,  untuk bersama sama melaksanakan penertiban warung - warung ,Cafe yang berada di Kec. Stabat untuk menutup / tidak menjalankan aktivitas di bulan suci Ramadhan.

Melaksanakan rajia balap liar yang berada di jalan lintas Desa Perdamaian yang dilakukan oleh para remaja yang dilaksanakan setiap malam Minggu.Melaksanakan Patroli bersama Forkopinca pada saat sholat terawih dan Asmara Subuh untuk mengantisipasi ganguan Kambtimas.

Selanjutnya menyampaikan kepada kepala desa/lurah untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling di Desa desa  / kelurahan,  untuk mengatisipasi meningkatkan ganguan Kamtibmas menjelang Bulan Suci Ramadhan ataupun saat pelaksanaan bulan suci Ramadhan.

"Mengharapkan kepada Ketua MUI untuk berkerjasama dengan Remaja mesjid atau organisasi pemuda ataupun Mitra Kamtibmas untuk membentuk Tim penjaga parkir kendaraan di Mesjid untuk menghindari terjadinya curanmor saat pelaksanaan ibadah berlangsung di Mesjid ( Sholat Tawarih dan Subuh ) di Wilkum Polsek Stabat," harapnya.

Mengharapakan kepada Kepala Desa berkerjasama untuk menjaga situasi Kamtibmas diwilayah nya masing - masing.Pada saat melaksanakan giat  himbauan Bulan Suci Ramadhan  1444 M/ 2023 M kepada pengusaha rumah makan,warung dan cafe - cafe agar melibatkan seluruh forkompinca ,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan OKP.

Mengharapakan kepada Camat Stabat membuat jadwal patroli bersama Forkopinca di  mesjid-mesjid, pada saat warga melaksanakan ibadah sholat tarawih dan Subuh.

Camat Stabat juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan himbauan Bulan Suci Ramadhan 1444 H/ 2023 M kepada warga  akan dilaksanakan bersama sama di warung, Cafe di Kec. Stabat.

Sekira pukul 15.30 WIB, giat rapat Kordinasi Forkofinca selesai, situasi berjalan dengan aman dan baik.(syaf)