Pemkab Nias melalui Dinas Dukcapil Kabupaten Nias Terima Kunjungan Kepala PT Taspen persero

4 April 2023

 




Nias | Indonesia Berkibar News - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nias, Tehesokhi Hulu S.IP menerima kunjungan silaturahmi, Jufri Tanjung/Kepala PT Taspen (Persero) KC Kepulauan Nias dalam rangka menjalin kemitraan dalam hal pelayanan publik Selasa (04/04/2023).

Ka PT Taspen menyampaikan bahwa salah satu tugas pelayanan mereka adalah pengurusan Askem PNS meninggal. Bahwa selama ini salah satu yang dipersyaratkan adalah foto copy surat kematian yang dilegalisir Lurah/Kepala Desa.

Namun berdasarkan Surat Mendagri RI no. 400.8.2.2/959/SJ "Agar dalam pelayanan di PT Taspen (Persero) yang terkait dengan kematian seseorang supaya mensyaratkan adanya Akta Kematian".

Maka terhitung mulai 1 April 2023 hal itu efektif diterapkan oleh PT Taspen yaitu mempersyaratkan foto copy Akte kematian yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu S.IP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan oleh Ka PT. Taspen dan siap menjalin kemitraan dalam pelayanan publik.

Kadis Dukcapil kemudian memaparkan alur pelayanan akta kematian yang sangat mudah dan cepat melalui inovasi pelayanan SAMATI (Saat melAyat Menyerahkan Akta kemaTIan). Masyarakat/keluarga bisa melaporkan melalui media WhatsApp dengan melengkapi persyaratan, maka segera diproses di Dinas Dukcapil dan pada hari itu juga diantar ke rumah duka selagi mayat masih ada di rumah. Sangat mudah, cepat dan tanpa biaya.

Pada kesempatan itu Kadis Dukcapil juga memperkenalkan Identitas Kependudukan Digital kepada Ka PT. Taspen dan dengan senang hati langsung mengaktivasinya.

Di akhir silaturahmi tersebut keduanya sepakat mengucapkan "Selamat melayani dan mari melayani bersama. ucap Kadis. dikutip  disdukcapil niaskab.go.id  (Sudarmin Nazara/torong)