Relawan SAPA Tanjung Harapan Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak dan Isu Gender

2 November 2023


Labuhanbatu | Indonesia Berkibar News -
Relawan SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) Desa Tanjung Harapan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan sosialisasi pencegahan perkawinan anak dan isu gender di Balai Desa Tanjung Harapan,Kamis(09/11/2023) di mulai dari pukul 09.00 wib.

Acara sosialisasi ini di isi dengan dua orang narasumber yaitu dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Labuhanbatu dan juga dari Kantor Urusan Agama (KUA) Pangkatan.

Dalam kata sambutannya, Ketua Relawan SAPA Tanjung Harapan yaitu Ibu Juliati mengatakan, bahwa kegiatan ini di lakukan agar anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang perkawinan anak dan cara pencegahannya dan juga supaya anak-anak memiliki kesadaran sejak dini untuk tidak menikah di usia anak.

"Dia juga mengatakan terima kasih kepada Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia karena telah membantu kami dengan mengabulkan proposal yang kami layangkan dan juga kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini terlebih Bapak Kepala Desa yang telah mempasilitasi kegiatan ini", ucapnya.

Adapun sasaran dari kegiatan sosialisasi ini ialah Siswa SMA N 2 Pangkatan, Siswa SMP N 2 Satu Atap Pangkatan, Siswa MTs  Guppi Tanjung Harapan serta Santri Pondok Pesantren Addinussyarifiah Tanjung Harapan.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Harapan, yaitu Rustam Efendi Ritonga dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada para Relawan SAPA yang telah bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan. 

"Relawan SAPA ini ada karena Desa Tanjung Harapan ini di hunjuk oleh Kementrian melalui Dinas PPPA Kabupaten Labuhanbatu menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), yang mana sebelumnya kami juga telah membentuk Aktifis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang mana kesemuanya ini untuk mengujudkan lima arahan Presiden Republik Indonesia Jokowi", papar  Kades.

Harapan kami selaku Pemerintahan Desa kepada relawan SAPA kiranya dapat menguwujudkan sepuluh indakator yang ada di dalam program DRPPA di Desa kita ini, ucapnya.

Adapun narasumber yang mengisi kegiatan sosialisasi ini ialah, yang pertama yaitu Bapak Suhrianto S PD I, Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) Pangkatan, serta Ibu Hj Tuti Noprida Ritonga, S,Si, Apt, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Labuhanbatu.

Acara ini juga di hadiri oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bilah Hilir, Ketua Tim Penggerak PKK Tanjung Harapan bersama para Ketua Pokja (Kelompok Kerja), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung Harapan bersama anggota, para Kepala Dusun serta undangan lainnya.(MS)