BI Sumut : Masyarakat Bisa Manfaatkan Website PINTAR Dalam Penukaran Uang

20 Maret 2024


Medan | Indonesia Berkibar News -
Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap melayani kebutuhan uang Rupiah di masyarakat melalui perbankan guna menyambut Bulan Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri 2024 dengan menyiapkan lebih kurang Rp 7,2 Triliun.

Hal ini disampaikan Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Suwarman didampingi Moderator Indra,  dalam Bincang Bareng Media (BBM) dengan sejumlah awak media di Kantor KPw BI Sumut Jalan Balai Kota Medan,  Rabu (20/03/2024).

“BI Sumut juga telah menyediakan lokasi bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang di antaranya di Pusat Pasar Medan tanggal 27 Maret 2024 jam 09.00 sd 12.00 wib,Pasar Sukaramai tanggal 28 Maret 2024 jam 09.00 sd 12.00 wib, dan di Plaza Medan Fair tanggal 25 Maret - 5 April jam 09.00 sd 12,00 Wib. Sedangkan untuk di luar kota Medan, layanan kas berada di rest area Tol Tebing Tinggi 2 April - 4 April jam 09.00 wib - jam 12.00 wib," paparnya.

Suwarman juga memberitahukan tentang tata cara melakukan pemesan penukaran uang melalui website PINTAR. “Masyarakat dapat melakukan pemesanan paket penukaran uang Rupiah pada SERAMBI 2024 melalui website PINTAR (https://pintar.bi.go.id) dengan cara mengikuti langkah-langkahnya, ujarnya.

Adapun langkah - langkah penukaran uang Rupiah melalui PINTAR yakni :

1. Klik menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling kemudian pilih Provinsi sebagai lokasi untuk melakukan penukaran.

2.Setelah itu, pilih lokasi dan waktu pelaksanaan penukaran yang diinginkan dan klik “Lanjutkan”.

3. Input data pemesan pada website PINTAR dan klik “Lanjutkan”.

4. Selanjutnya, pemesan dapat memilih pecahan yang tersedia pada SERAMBI 2024, dengan total maksimal Rp 4.000.000 dan juga tersedia penukaran UPK 75.

5. Setelah selesai melakukan pemesanan, website PINTAR akan menampilkan kode pemesanan berupa OR Code.

6.Kode pemesanan tersebut selanjutnya beserta KTP asli ditunjukkan ke petugas kas keliling untuk dilakukan verifikasi pada saat pelaksanaan penukaran uang Rupiah. 

BI Sumut terus ingin memenuhi kebutuhan Masyarakat dalam tukar uang pecah dalam menyambut hari raya Idul Fitri, masyarakat jangan takut tidak kebahagian tapi harus patuhi jadwal yang diberikan.

 Selanjutnya Kepala Perwakilan BI Sumut (KPw Bi Sumut)  IGP Wira Kusuma didampingi Deputi BI Sumut Suwarman dan Pimpinan Bank -bank sesumut melepas Kick Off Serambi di halaman parkir kantor BI Sumut.

IGP Wira Kusuma mengatakan BI Perwakilan Sumut menyiapkan Rp 7,2 triliun dalam memenuhi uang pecah menyambut Hari Raya Idul Fitri, dan sesuai jadwal yang sudah direncanakan.


"Stok uang pecah banyak, tapi masyarakat dapat menukarkan sesuai jadwal ditetapkan," harap IGP Wira Kusuma.(torong)