Pemkot Sediakan Lahan 10 Hektare Untuk Ditanami Cabai

22 April 2024

 


Padangsidimpuan|  Indonesia Berkibar News - Sediakan lahan seluas 10 hektar menjadi langkah kongkrit Pemkot Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan menanam cabai merah guna mengendalikan inflasi daerah di Kota Padangsidimpuan.

Pj Wali Kota Padangsidimpuan H Letnan Dalimunthe, Senin (22/04/2024) dalam arahannya di penanaman cabai merah mengungkapkan bahwa ini kegiatan yang baik dan harus di tingkatkan dengan luas tanah seluas 10 hektar.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Instansi terkait, Camat, para petani yang telah berpartisipasi dalam kegiatan budidaya penanaman Cabai di Kota Padangsidimpuan," katanya.

Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dilaksanakan di masa yang akan datang. Pertanam ini menjadi salah satu wujud keseriusan kita dalam pengendalian inflasi daerah, pungkas Pj Wali Kota Letnan.

Kegiatan yang dihadiri oleh Penjabat Wali Kota, Pimpinan OPD, Kepala Desa se Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru serta Kelompok Tani.

Diawal kegiatan, Ketua Poktan Dos Ni Roha Mhd. Halilintar mengucapkan selamat datang Bapak Pj Wali Kota beserta rombongan di Kelurahan Hutaimbaru.

Pada kesempatan tersebut, Halilintar juga meminta agar Pemko dapat melanjutkan pembangunan saluran irigasi di Saba Jambi agar sawah yang ada disekitar ini pengairannya semakin baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Edi Darwan Harahap, dalam laporannya menjelaskan bahwa bibit yang akan ditanam ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Banyak bibit bantuan dari Provinsi Sumut ini untuk pertanaman 10 Hektar lahan yang terbagi di dua kecamatan, yakini 5 Hektar di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dan 5 Ha di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu," ucap Edi.

Untuk pertanaman di Saba Jambu ini seluas 1500 m dan sisanya ada di beberapa titik lokasi di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, tambahnya.

"Adapun jenis varietas bibit yang ditanam ini adalah CMT TAPI," tutup Edi.(Ahmad)