Pj Wali Kota Bersama Kadis Perikanan Provsu Tabur Benih Ikan

7 Mei 2024

 


Padangsidimpuan | Indonesia Berkibar News - Demi menjaga kearifan lokal dan ekosistem perairan, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Dr Letnan Dalimunthe bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara Hamdan Sukri Siregar menabur ikan jurung arau Restocking Penyebaran Benih Ikan Jurung di Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.

Melalui kegiatan restocking atau menebar benih ikan diperairan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat menjaga kearifan lokal dan ekosistem di beberapa titik yang ada di Kota Padangsidimpuan, ungkap Pj Wali Kota Padangsidimpuan H Letnan Dalimunthe, Selasa (07/05/2024).

Sebanyak 13.500 ekor Di 6 titik se Kota Padangsidimpuan dan di perairan lubuk larangan telah diberikan bantuan pemerintah provinsi yang langsung dipimpin kepala dinasnya, ucap Letnan.

Terimakasih kami ucapkan, atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Padangsidimpuan atas bantuan penebaran benih ikan demi menjaga ekosistem perairan dan kearifan lokal di Kota Padangsidimpuan.

"Manabur benih ikan di beberapa titik sungai yang ada di Kota Padangsidimpuan berarti turut menjaga kearifan lokal yang ada serta membantu ekosistem dan kegiatan masyarakat," ucap Letnan.

Sementara itu Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatere Utara Hamdan Sukri Siregar menyampaikan bahwa ada 2,3 juta benih ikan yang ditabur se Sumatera Utara.

Tidak menyasar ke Nelayan Membangun Sumatera Utara melalui program pemerintah provinsi, kedepan ada Alokasi yang akan kita siapkan di Padangsidimpuan terkhusus Pembudidaya ikan untuk Kota Padangsidimpuan yang satu kampung itu membudayakan ikan, ucap Hamdan.

"Asalkan Kota Padangsidimpuan bisa mengalokasikan kampungnya maka bantuan itu akan kita jalankan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara," kata Hamdan.

Lanjut Hamdan, kita menginginkan Kolabolasi pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi begitu juga pemerintah pusat, agar peningkatan pembangunan di Kota Padangsidimpuan semakin lebih baik, bukan hanya di Kota Padangsidimpuan akan tetapi seluruh Kabupaten dan Kota Se Sumatera Utara dengan program dinas kelautan dan perikanan.

Provinsi Sumatera Utara mendukung Kearifan lokal dibeberapa daerah termaksud di Kota Padangsidimpuan, tetap kita dukung agar keberlanjutan di Kota Padangsidimpuan tetap dirasakan masyarakatnya ke depan, pesan Hamdan.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Padangsidimpuan Edi Darwan Harahap berharap bantuan ini tidak hanya disini saja, ada keberlanjutan dan peningkatan agar ada yang dirasakan masyarakat lokal, sehingga kedepannya binaan dinas pertanian terus simultan berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, kata Edi.

Turut hadir dalam penaburan benih ikan di Desa Pudun Jae, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Tokoh Pemuda Tabagsel Fadriansyah Siregar, Kabid Perikanan Tangkap DKP Provsu Jenni Masniari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Chairunnisa, Camat Padangsidimpuan Batunadua Antony, serta kelompok binaan Dinas Pertanian Pemkot Padangsidimpuan.(Ahmad)