Puskesmas Pintu Padang re-akreditasi, Bupati Tapsel Harap Paripurna

7 Mei 2024

 


Tapsel |  Indonesia Berkibar News - Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Re-Akreditasi.

"Ini langkah strategi dan bentuk komitmen kita dalam peningkatan mutu dan kualitas serta pelayanan kesehatan di masyarakat," kata Bupati Tapsel Dolly Pasaribu di Puskesmas Pintu Padang, Senin(07/05/2024)

Re-akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Kementerian Kesehatan, menurunkan tim survei (penilai) LPA LAFKI dr Tommy Hendra, FIHFAA beserta Mawaddah Tsaniyah mulai dari tanggal 6-8 Mei 2024.

Kata Bupati, masa kurun waktu 2023, sudah ada 15 dari 17 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang di Re-Akreditasi, kata Bupati Tapsel Dolly Pasaribu.

"Dari 15 puskesmas itu tiga di antaranya kategori paripurna (seperti juga RSUD Sipirok), sembilan kategori utama, dua kategori madya, dan satu puskesmas dasar," jelas Dolly.

Sedang Puskesmas Pintu Padang ini sendiri untuk UPT Puskesmas yang ke 16 di re-akreditasi. Satu lagi Puskesmas Muara Tais akan di re-akreditasi tahun depan.

Sementara Kadis Kesehatan Tapsel dr Rudi Iskandar Harahap menyatakan, akreditasi bagi UPT puskesmas penting sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang bermutu di Tapanuli Selatan.

Tim survei LPA Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) Mawaddah Tsaniyah SKM, MPH mengapresiasi semangat dan kegigihan Bupati Dolly Pasaribu untuk meningkatkan mutu pelayanan di setiap puskesmas guna keberlanjutan pembangunan Tapsel.(Ahmad)