Ketum IPARI Batubara : Jadilah Penyuluh Ketentraman Di Masyarakat

6 Mei 2024

 


 Batu Bara | Indonesia Berkibar News -Kepala Kemenag Kabupaten Batubara Sakoanda Siregar mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (PD IPARI) Kabupaten Batubara.

Pengukuhan berlangsung di Aula eks Kantor Bupati Batubara di Jl Perintis Kemerdekaan Limapuluh, Senin (06/05/2024).

Sakoanda berharap organisasi di bawah binaannya ini dapat berjalan secara realitas dan profesional. “Saya berkenyakinan kemampuan dan kafasitas SDM, IPARI Batubara yang terbaik dari instansi yang terkait dengan penyuluhan yang ada,” tukasnya.

Kakankemenag Sakaonda mengucapkan selamat kepada pengurus yang dikukuhkan. Pengamatannya organisasi IPARI baru ada di Batubara dan merupakan selangkah lebih maju.

Ketua PD IPARI Kabupaten Batubara Alpian menegaskan dirinya diamanahkan  memimpin organisasi profesi yang kedua, sebelumnya pernah menjabat Ketua PWI Batubara selama dua periode yang berkaitan jurnalistik/tulisan dan meningkatkan profesi wartawan melalui kegiatan UKW, namun hari ini sebagai penyuluh dengan berdakwa atau lisan.

Ke depan penyuluh agama ini bagaimana bisa meningkatkan profesi yang profesional untuk mengembangkan dakwa dan kader pembina di tengah-tengah umat masyarakat.

Sedangkan yang tergabung di IPARI ada penyuluh agama Islam, Kristen dan Katolik dapat bersama berkolaborasi.

Menyusul lagi menjelang Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati, sehingga peran penyuluh sangat penting dan strategis, jangan sampai jadi ‘penyulut’, namun jadilah sebagai penyuluh yang bisa memberikan kesejukan ketentraman dan kedamaian di tengah masyarakat.

Kakankemenag Batubara juga mendapat apresiasi dan terima kasih karena telah mengukuhkan dan mengeluarkan SK maupun arahan bimbingan nanti dalam menjalankan roda organisasi. Sebab Kemenag merupakan pembina.

Sebelumnya Ketua Panpel Akbar Syahdan Nasution mengatakan dikukuhkan IPARI menambah semangat 97 personil yang tergabung menjalankan roda organisasi sesuai tufoksi serta menjalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait bagi Batubara yang lebih baik.

Keputusan Kepala Kemenag Kabupaten Batubara tentang kepengurusan Daerah IPARI periode 2024-2028, Ketua/Sekretaris/Bendahara Umum terdiri Alpian, M.Hafis Munawir, Hanafi Zein. Kepengurusan dilengkapi departemen-departemen.(j marbun)