Bupati Sergai Buka Pementasan Paguyuban Temu Kangen

1 November 2018

Teluk Mengkudu | Indonesia Berkibar News -  Bupati Sergai Ir Soekirman didampingi Wakil Ketua DPRD Riady, Kadis Sosial Misran, Camat Teluk Mengkudu Fahmi, hadiri Pementasan Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya Dirangkai Dengan Tanam Raya,di Dusun Darul Aman Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu Rabu (31-10-2018).

 Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) beserta jajaran mengucapkan selamat kepada pengurus dan anggota Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya yang telah menerima bantuan penguatan kearifan lokal berupa alat musik tradisional dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI.

"Kearifan Lokal (Riflok) yang pertama adalah tatanan pengetahuan dan inisiatif lokal yang dimiliki secara spesifik oleh komunitas lokal yang telah mengakar, hidup, dan adaptif terhadap perubahan sosial dan menjadi tuntunan hidup dilingkungan masyarakat sehingga tercipta perdamaian secara berkelanjutan. Dengan mengandung dimensi nilai atau budaya lokal, tradisi lokal, kepemimpinan lokal, tradisi lokal, proses dan mekanisme lokal, sumber daya lokal, teknologi lokal dan kelembagaan lokal," paparnya. 

Dengan hampir punahnya seni budaya kita terutama seni budaya leluhur karena pengaruh dari budaya barat sudah sangat merajalela di negara kita yang sudah tidak sesuai dengan negara kita. Maka Kemensos RI memberikan bantuan sosial berupa alat musik tradisional Jawa kepada Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya Kabupaten Sergai, ujarnya.

"Kepada pengurus paguyuban ini untuk terus menjaga bantuan ini serta bisa bersaing untuk mematahkan budaya asing yang masuk ke Tanah Bertuah Negeri Beradat," tegasnya.

Ketua Panitia  H Poniman mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta jajaran yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

H Poniman juga berharap agar masyarakat khususnya suku Jawa ikut berpartisipasi dan mendukung pelestarian kebudayaan maupun kesenian Jawa ini.(torong/zul)