Istimewa Dan Pertama Di Indonesia,Tol Pekan Baru-Dumai Punya Terowongan Underpass Yang Bisa Dilintasi Seratus Ekor Gajah

25 September 2020

 


Pekan Baru | Indonesia Berkibar News - Tol Pekan Baru-Dumai(Permai)menjadi istimewa karena mempunyai terowongan underpass perlintasan gajah pertama di Indonesia.

Tol Permai sepanjang 131,5km inipun telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo,Jumat (25-09-2020) siang.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan bahwa Tol Pekan Baru-Dumai ini menjadi istimewa karena selain diperuntukan bagi kendaraan roda empat disediakan pula lima perlintasan underpass perlintasan gajah disepanjang Tol Pekan Baru-Dumai.

Sedangkan Jalan Tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis.Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus, dengan demikian biodiversiti Sumatra akan terpilihara.

"Untuk merancang jalur perlintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau,"kata Budi.

Adapun anderpass perlintasan gajah di Tol Pekan Baru-Dumai ini keseluruhanya berada diseksi 4 yaitu Kandis Utara-Duri Selatan dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Lalu untuk diseksi 2 yaitu Minas-Kandis Selatan terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana yang kerapkali disinggahi oleh 13 gajah Sumatra karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

Diperkirakan underpass Tol Pekan Baru - Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah,ujarnya.(goriau.com/suprizar)