Guru Besar USU Prof Hasnudi : Saya Dukung Kebijakan Dirut Tirtanadi Pembacaan Meter Secara Digital

15 Maret 2021


Medan | Indonesia Berkibar News
- Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Hasnudi sangat mendukung kebijakan yang dibuat oleh Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kabir Bedi tentang pembacaan meter pelanggan Tirtanadi menggunakan digital (android).

"Pembacaan meter secara manual yang selama ini dilakukan oleh Tirtanadi sangat rawan penyimpangan dan lemah dalam pembuktiannya, dengan diubah secara digital maka pemakaian air pelanggan Tirtanadi menjadi akurat sehingga pelanggan tidak dirugikan,"kata Prof Hasnudi yang juga Ketua Komunitas Pelanggan Air Tirtanadi (Kompatir) didampingi Sekretaris Harist Lubis, kepada wartawan Senin (15/03/2021).

Lebih jauh dikatakannya, saat ini PDAM Tirtanadi tengah melakukan pembacaan meter secara android ini merupakan terobosan yang sangat bagus sehingga pemakaian air pelanggan pada setiap bulannya akan menjadi lebih tepat, walaupun menurut Hasnudi pembacaan meter secara android ini sudah lama dilakukan oleh PDAM lain di Indonesia.

"Pembacaan meter secara android ini sudah lama dilaksanakan PDAM lain di Indonesia ini, dan Tirtanadi pada beberapa tahun yang lalu sudah melakukan uji coba untuk pembacaan meter dengan android, sekarang dilaksanakan secara menyeluruh pencatatan meter secara android makanya saya dukung ini,"ujar Prof Hasnudi.


Ditambahkannya kepada masyarakat pelanggan Tirtanadi tidak perlu kuatir akan pemakaian air pada bulan Maret dan April terjadi lonjakan, manajemen Tirtanadi akan mereduksi pemakaian pelanggan dengan datang ke Kantor Cabang setempat dengan mengajukan permohonan pengurangan tagihan.


Menurutnya kebijakan ini bertujuan agar pemakaian air pelanggan menjadi akurat dan pelanggan tidak dirugikan, dan Hasnudi menyatakan sangat merespon baik kebijakan manajemen Tirtanadi yang peduli terhadap pelanggannya dengan menanggung kerugian yaitu melakukan pengurangan rekening air maayarakat.(torong)