Bupati Dairi Hadiri Pelantikan DPP Gema Sicike - cike Periode 2021 - 2024

14 Oktober 2021

 


Sidikalang | Indonesia Berkibar News - Bupati Dairi,Eddy KA Berutu hadiri pelantikan pengurus DPP Gema Sicike - cike periode 2021 - 2024. Kamis, ( 14/10/2021) di Gedung Djaulu Manik. Pengurus DPP Gema Sicike - cike dilantik oleh Ketua Lembaga Adat Sulang Silima Sicike - cike, Tumpu Capah.

Bupati Dairi mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DPP Gema Sicike - cike periode 2021 - 2024. Eddy Berutu menyampaikan Gema Sicike - cike adalah tunas Sipitu Marga yang menjadi tolak ukur bagi kebesaran dan perkembangan Sipitu Marga dimasa kini dan masa yang akan datang. Dari sejarah Sipitu Marga memiliki legenda yang sangat menakjubkan seperti Danau Sicike - cike yang ada di dalamnya jenis flora dan faunanya.

" Seluruh pengurus Gema Sicike - cike yang sudah dilantik harus tetap semangat dan mari memajukan serta melestarikan budaya Pakpak . Gema Sicike - cike juga harus menjadi tulang punggung kemajuan dan menjadi garda terdepan khususnya suak Keppas yang ada di Kabupaten Dairi maupun di tingkat Nasional .Selain itu saya juga mengajak Gema Sicike - cike untuk ikut serta bahu membahu dalam mengawal perubahan untuk menuju Dairi Unggul", ujar Eddy Berutu.

Ketua DPP Gema Sicike - cike yang telah  terpilih, Tampak Kudadiri menyampaikan bahwa Gema Sicike - cike berkomitmen menjaga lebbuh Tanoh Pakpak Sulang Silima, menjaga dan memelihara serta melestarikan adat dan budaya Pakpak .

" Kami akan menjaga dan melestarikan leluhur khususnya Danau Sicike - cike yang merupakan asal usul kami Sipitu Marga ", ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Gema Sicike - cike berkomitmen untuk mendukung visi dan misi Pemkab Dairi untuk mewujudkan Dairi Unggul.

" Kami komit menjaga lebbuh dan kami juga siap mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan", ujar Tampak.

Sementara itu, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani juga meminta kepada pengurus Gema Sicike - cike yang baru dilantik untuk dapat menunjukkan ciri khas Pakpak ke seluruh negri .

"Mari tunjukkan ciri khas Pakpak , karena itu adalah Rahmat Tuhan. Gema Sicike - cike harus mengukir hal - hal yang luar biasa. Kalian adalah garda terdepan yang mewariskan budaya Pakpak. Kami berharap tokoh yang muncul di Gema Sicike - cike adalah tokoh yang diterima di Kabupaten Dairi dan Dunia ", ujarnya .(KBS.O5)