Tabur Benih KJA Laot Tadu Anggaran Rp 1.5 Miliar Bersumber Otsus

14 Oktober 2021

 


Nagan Raya | Indonesia Berkibar News - Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, bersama unsur forkopimda lakukan penebaran benih Ikan Nila pada Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Laot Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Kamis (14/10/2021).

Pada kesempatan itu Bupati HM Jamin Idham, mengatakan, Danau Laot Tadu sangat potensial untuk budidaya ikan air tawar, seperti Ikan Nila. Karenanya, bupati mengajak warga sekitar danau itu untuk menjaga kelestariannya. "Mari bersama menjaga dan melestarikan danau ini," katanya. 

Bupati Jamin Idham juga mengatakan, pihaknya berupaya membantu warga yang tergabung dalam kelompok peternak ikan air tawar di kawasan tersebut.

"Kita akan ajak perbankan untuk membantu modal usaha budidayanya. Saya akan minta Bank Aceh untuk men-support kegiatan usaha budidaya ikan air tawar," ujar Bupati. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Nagan Raya, Drs Ujang, MM, melaporkan, pembangunan KJA sebesar 1,547.421. 661 itu bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) kabupaten tahun anggaran 2021.

Menurut Ujang, anggaran ini dibagi dalam 3 kategori meliputi pembangunan KJA, Penyediaan Benih Ikan dan Pengadaan Pakan. Untuk tahun ini dibantu kepada tiga kelompok tani, yaitu Pulau Berdikari (Gapa Garu), Usaha Bersama Sare Gigeh (Rantau Selamat) dan Kelompok Budidaya KJA (Krueng Itam). 

" Tujuan pembangunan KJA untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas masyarakat, terutama pada tiga gampong tersebut, sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," imbuhnya. 

Sementara itu, Camat Tadu Raya, Bustami, dalam sambutannya mengharapkan, agar Pemkab Nagan Raya dapat mengalokasikan dana pembangunan jalan seputar danau. 

"Untuk pengembangan Danau Laot Tadu, kedepan kami mohon kepada Bapak Bupati kiranya dapat membangun jalan lingkar disini. Untuk kelestariannya, kami juga telah menghimbau masyarakat untuk tidak menebang pohon sekitar danau.

Danau Laot Tadu yang terletak di Kecamatan Tadu Raya itu meliputi empat Gampong, yaitu Gapa Garu, Alue Gajah, Krueng Itam dan Rantau Selamat.

Turut hadir pada acara tersebut mewakili Ketua DPRK, Sekda, mewakili Dandim 0116, Kapolres, mewakili Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue, para Kepala SKPK dan undangan lainnya.(rel/m has/torong)